9 Hari mengejar mimpi ( Road to Bima )

Perjalanan ini dimulai dan dibangun dengan sebuah mimpi awalnya saya bersama 3 rekan saya memimpikan menjelajah sampai ke perbatasan negara tetangga *timorleste tetapi satu persatu cobaan datang , team yang awalnya 4 orang sekarang menciut jadi tinggal sendiri…. haduh makin gawat karna kepastian mereka kandas 1 minggu sebelum hari H. tapi mimpi kuda eh kudu lanjut. Dengan semangat tetap membara maka saya akan melakukan START perjalanan pada tgl 5 maret 2012 setelah pulang kerja

maklum karyawan susahcuti, tp malapetaka datang 2 hari sebelum berangkat, badan rasanya remuk ternyata diagnosa awal adalah gejala tifus. padahal dah deket banget ma waktu keberangkatan.. dan hari H pun tiba tanggal 5nya badan bukan remuk lg tp ditambah menggigil *mungkin karna nervous, akhirnya berangkat selepas pulang kerja urung saya lakukan karna saya memilih pulang dan istrahat… dan dalam mimpipun suara2 knalpot mulai memanggil *halahlebayGILA, hahahaha.  saya pun bangun jam 01:00 malam dan pegang jidat, teryata eh ternyata dah baekan, maka saya putuskan langsung mandi tengah malam (walau ngak pake kembang) karna semua udah di packing : OBAT2AN,KUNCI UKURAN 8,10,12,14,17,19 KONCI L satu set, TANG, BAN DALEM UKURAN 350-400 RING17, OBENG+&- SIKRING, HEAD LAMP, MINYAK REM,LAHER DEPAN BELAKANG, MA KANVAS REM tinggal pamitan ma bini & anak nih yang kudu melankolis…. *maklumbikertakutkeluarga*, karna takut disangka maling makanya saya keluar rumah dengan mengendap endap biar ngak ketauan hansip *telatbayarronda3bulan dan karna tergesa gesa ngak pake foto2 dulu dah nyang ada langsung gas..

START JAM  02:00 dari rumah, bener juga terasa udara malam memang dingin apalagi ketika melewati jalur puncak ditambah ini merupakan pengalaman pertama pake BOX, terus terang perlu penyesuaian handling dikala akan melakukan manuver miring-miring dipuncak, ok lah ini pengalaman pake bok pertama tapi bukan berarti harus bawa kaya keong dan bukan berarti juga kebut2an yang pasti semua disesuaikan untuk kecepatan.Dikarnakan jalur yang dilewat cukup familiyar maka sekitar jam 6 pagi sampailah di gerbang jawa tengah .

Lanjut lagi perjalanan dari banjar ampe kebumen yang dilewati dengan berkelok kelok… wah pokonya bahagialah suasana hati dan demampun melanda… badan dah lemes ngak karuan *teringat pesan dokter :kalo kena gejala tivus jangan banyak melakukan aktivitas yang menguras tenaga!!!! sial bener juga kata tuh dokter, maka dari itu saya putuskan untuk menepi di wates pada pukul 12:00 saya parkir kendaraan dan badan saya di hotel QUEEN, sayang sekali tanpa foto2 yang lengkap.. karna memori kamera pocket ngak bisa dibuka

sekitar jam 16:00 saya mencoba bangkit dari ranjang dan rasanya badan ngak karuan, saya tanya dengan staff hotel apakah ada klinik 24 jam yang bisa saya satroni dan ternyata 100 meter dari hotel terdapat sebuah rumah sakit tanpa pikir panjang saya kendarailah motor tercinta menuju rumah sakit ngak ada 2 menit dah nyampe aja rumah sakitnya, seperti biasa bayar biaya pendaftaran Rp.3000 trus masuk lah ke ruang pemeriksaan…

setelah cek darah dan suhu tubuh maka divonis lah : ANDA KENA GEJALA TIFUS, untuk lebih jelasnya disarankan melakukan cek lab!!! *ohshitttt

dan jarum suntik pun tertempel dipantat kiri dan kanan, *ingetiklan NO PAIN NO GAME, selesai di tusuk maka antri lah diloket obat dengan jumlah yang lumayan banyak….
lepas dari rumah sakit saya mencoba mencari makan untuk menambah energi karna yang ada didepan rumahsakitnya makanan khas jogja (nasi kucing) maka saya langsung beli sekali 10, supaya badan kenyang dan bisa istrahat….
bener aja ampe hotel 10 bungkus nasi kucing pun terasa kurang dan disinilah titik balik mengejar sebuah mimpi terancam gagal, karna merasa badan drop saya merasa tidak bisa melanjutkan mimpi ini tapi bila melihat bagaimana orang2 terdekat saya selalu memberi dukungan maka motivasi makin menambah.. lalu sebuah sugesti tentang sembuh dari penyakit ini yang membuat saya justru semakin bersemangat untuk lekas sembuh
pagi pun tiba dan badan terasa fit kembali tapi saya putuskan untuk makan yang banyak dan tidur kembali
hingga pada pukul 11:00 orang hotel menanyakan “akan tambah satu malam lagi?” saya pun menjawab “TIDAK SAYA AKAN LANJUTKAN PERJALANAN SAYA KE LOMBOK”

sekedar berbagi pengalaman tentang sugesti dan lombok
sugesti : rasa lemas yang saya alami karna diserang penyakit tifus dapat saya hadapi dengan selalu berfikir positiv tentang bagaimana agar kondisi badan saya berangsur pulih… berfikir untuk sembuh malah membuat saya semakin cepat kembali ke kondisi prima dibanding saya harus berfikir tentang persoalan/penyakit yang saya hadapi
lombok : kenapa lombok? padahal kan diawal targetnya timor leste? karna waktu yang dirasa tidak dapat terpenuhi dan kondisi badan yang tidak fit ditambah medan yang sangat sulit *lirikRRnya om haryo saya menganggap lombok lebih realistis dibanding NTT lagi pula bila anda memasang target yang lebih realistis maka anda akan merasa bahagia apabila telah mencapainya… itulah mengapa saya memasang target sampai lombok saja dan bila bisa lebih dari situ maka itu adalah bonus

ok barang sudah packing saatnya lanjut!! sabtu yang cerah motor pun keluar dari hotel jam 12:00 dan saya tidak menunggu lama untuk melintir gas motor saya, perjalanan kurang lebih satu jam saya melihat stadiun manahan solo saya langsung bergegas untuk coba mengambil foto disana

dan menyantap makan siang didaerah sekitar.. makan siang pun tidak banyak mengambil waktu karna saya merasa perjalanan yang harus saya tempuh masih sangat panjang, motor pun kembali dalam keaadaan gas 110-140 kpj *bukan lantaran ugal2lan tapi jalan di derah sini memang sangat sepi dan lurus tanpa disadari kecepatan motor dapat dipacu diangka tersebut

hati merasa bahagia saat melihat:

dah sampe jatim lagi… hore hore hore

karna jalan sepi maka sampailah jam 6 sore di daerah gempol dan untung saja di daerah sini ada yang membantu saya mengarahkan jadi ngak pake nyasar2 ampe pasuruan…
lagi lagi foto ngak ada *maap yah

perjalanan saya terhenti di daerah paiton karna pemandangan lampu di PLTU tersebut pada saat malam sangat lah luar bisa… lepas dari situ saya makan di pom bensin yang ada hotelnya

dipikir pikir karna duit tongpes saya pilih jalan aja padahal waktu sudah diangka 9maleman (saran saya untuk teman2 jangan riding sendirian di hutan lindung baluran, soalnya serem ) qiqiqiqiqiqiqi
dan akhirnya motor pun berlabuh di kapal fery penyebrangan tujuan ketapang-gilimanuk, setelah membayar Rp 16.000 kalo ngak salah maka berlayarlah menuju pulau dewata, bali…

perjalanan fery cuma 1 jam, jam menunjukan pukul 12:01 malam tp dikarnakan ini waktu WITA maka jadilah jam 01:01 malam ciah sepi banget lagi nih bali malem malem, maka kota yang saya tuju pastinya DENPASAR…. riding 2 jam dari gilimanuk ke denpasar malem malem seru juga, soalnya jalannya mulus ditambah marka jalan yang baik sehingga jalan kelak kelok pun serasa mudah dilalui

sampainya di denpasar perut laper lagi… maklum kurang karbohidrat
pucuk dicinta bulan pun tiba, lambang McD tampak terang benderang di kejauhan malam

berhubung ini malem minggu banyak anak nongkrong yang lagi pada kongkow di bali dan kebetulan ada anak mega pro yang minta photo bareng, *lumayannambahnambahinPhotoRR

ngak pake basa basi lagi karna mata mulai seret pamitan lah kemereka untuk lanjut perjalanan lagi menuju padang bai. perjalanan dari denpasar menuju padangbai hanya 1 jam saja karna ada jalan by pass yang baru, kalo ngak salah jln.prof ida bagus mantra

sesampainya di padang bai kurang lebih jam 4 pagi… sial oh sial niatnya tidur di fery malah lama ngantri, karna pada saat itu ada kapal pertamina yang sedang bongkar muat

dan jam pun menunjukan pukul 06:15 wita masih saja belum beres antrian… luarbiasa *niat tidur malah begadang

terobang ambing dilaut rasanya lebih menyenangkan dibanding harus mengantri untuk naik fery… karna ini fery sungguh sangat standart maka saya putuskan untuk menyewa salah satu kabin ABK, dasar apes semua kamar ABK sudah full… teruk lah pokoknya
dikarnakan kurangnya istrahat maka saya putuskan untuk fokus tidur
berasa sangat sebentar sekali fery sudah sampai di lembar

mungkin jam 11 siang saat itu, sesampainya di lombok saya langsung mengunjungi rumah sanak family *lumayanhematbiaya

sambil makan sambil mikir mmmmm….. nyampe lombok udah, berarti tinggal maen2 dilomboknya… pengen naek rinjani tp takut kena tivus, mending maen pantai aja lah…. tapi kembali pikiran liar datang dan ingin rasanya meminum susu kuda liar , wah sumbawa dong.. makan udah tinggal minta izin ma sodara, ternyata eh ternyata mereka ngak ngasih izin… mmmm alasanyasih sangat masuk akal JANGAN BERKENDARA DISUMBAWA PADA SAAT MALAM!!!
ok saya akan lanjutkan besok pagi aja

maka dari itu jalan2 dulu lah ke senggigi

ah bosen liat senggigi makanya saya putuskan untuk pulang dan istrahat

karna kecapean dijalan maka tidurpun nyenyak sekali… terlambatlah jadwal berangkat ke pelabuhan kayangan, saya berangkat dari gerung ke kayangan jam 07:30an di jalan banyak banget pemandangan Indah

ImageImage

dan sampai lah di pelabuhan kayangan jam 09:00an

oh ia full box saya titip semua di rumah sodara saya… karna asli ngak banyak barang yang saya bawa, paling yang dibawa perlengkapan motor aja…

kkarna ngak punya foto2 penyebrangan jadi ane cerita aja yah, penyebrangan dari pel.kayangan menuju pel.poto tano memakan waktu 2jam an. di pelabuhan kayangan ada 3 dermaga tp yang 1 punya PT.newmount, harga tiket penyebrangan Rp.49.500,- selama penyebrangan seperti biasa di fery ngak banyak aktivittas yang bisa dikerjain… soalnya semalem tidur cukup pules jadi badan masih dalam kondisi seger bugar… paling cuma tanya2 aja ma penumpang lain yang sering lewat jalur sumbawa, soalnya buat nambah-nambah ilmu… akhirnya setelah 2 jam nyampe juga di dermaga 2 pel.poto tano sumbawa… hari yang cerah, jalur yang menantang, suhu yang panas… kurang lebih itu lah gambaran ketika roda dua ini napak di jalur pelabuhan,,,, karna saking semangatnya ngak pake foto2.. motor langsung gas aja…  sambil nyari bengkel yamaha terdekat… soalnya kuping dah agak keganggu ma suara mesin yang kayaknya dah ngak enak..
rioding 30menittan akhirnya nemu juga bengkel yamaha… dan terjadilah percakapan ini:
mekanik: selamat siang pak
gw : siang, mau ganti oli n nanya kira2 suara yang bising ini suara KLEP bukan?
mekanik: bentar saya chek dulu.. cuma 10detik si mekanik mekanik memvonis… ini suara STANG SEHER
gw : wow.. kira2 bisa diperbaikin disini ngak?
mekanik : bahkan di mataram belum tentu ada
gw : sambil binggung ma kondisi mesin dan berlaga kayak simekanik *ambilkeputusan10detik ya udah ganti oli aja
mekanik : siap

dan ngak banyak lagi yang perlu dibicarakan… soalnya keputusan dah diambil GW harus sampe ma tujuan… tapi mikir2 tujuanya kan dah sampe ke LOMBOK.. ok kalo gitu sekarang STAGE BONUSNnya
akhirnya setelah selesai perjalanan dilanjutkan kembali…
diperjalanan dari poto tano menuju sumbawa jalanya lempeng2 aja… motor asik aja di gas.. walau suara mesin makin ngeletrek akhirnya terteguh juga hati karna melihat pemandangan yang langka untuk di foto

IMG-20120409-00594IMG-20120409-00593 (1)

gambar diatas ini merupakan pelajaran yang harus kita semua ambil.. karna selepas jalan yang lurus ini saya akan menemukan banyaknya tikungan… dapat disimpulkan bahwa si supir merasa kantuk setelah sebelumnya dia melewati banyaknya tikungan, kemudian disajikan jalan lurus yang panjang… *biasanyasihgitu

ok lepas foto… ane kejar lagi perjalanan, karna mengingat cerita salah satu penumpang di fery yang bercerita bahwa untuk daerah madapangga (sebuah mata air) tepatnya perbatasan dari kota dompu ke kabupaten bima dimana di daerah ini sering terjadi perampokan *hadeuhmalahmakinpengen ngegas.. gas mulu ni motor yang ada malah gw yang laper… entah diderah mana *kayaknya selepas kota sumbawa. jangan lama lama karna daerah rawan belom kelar…. akhirnya masuk daerah empang kalo ngak salah.. ketemu jalan yang bener2 baru diaspal dan bahkan belom ada marka jalanya

IMG-20120409-00595 IMG-20120409-00596 IMG-20120409-00597

karna pengambilan gambar diatas dilakukan oleh seorang amatir *ngakkayakaslinya yang saya bisa katakan saat itu adalah… INDAHNYA NEGERI KU saya disini bukan maksud pamer, tapi saya pernah berpergian ke beberapa tempat di indonesia dan tidak pernah merasa bosan dan bahkan makin takjub dengan keanekaragaman yang dimiliki negri ini.,.. saya bahkan pernah tinggal diluar negri.. tapi KEINDAHAN INDONESIA NGAK ADA YANG NGALAHIN
ok balik lagi keperjalana, selepas foto2 didaerah ini saya akan melewati jalur nangatumpu yang legendaris.. karna banyak orang cerita jalan tersebut sangat sempit dan terjal, kemudian berkelok kelok… wel ternyata ngak juga sekarang.. karna pembangunan daerah maka jalur tersebut sudah dipelebar dengan cara di dinamit

IMG-20120409-00599 IMG-20120409-00602

dikarnakan kondisi jalan yang tidak dapat diprediksi maka saya putuskan tetap menunggani motor walaupun beresiko, terusterang ban bocor didaerah tersebut bikin pikiran ngelantur kemana mana!!! jalan sepi, orang ngak ada, sinyal innalilahi pokoknya horor lah *untungnya ngak pake ujan ma malem akhirnya setelah bersusah payah jalan dengan banbocor lebih kurang 3km ada juga perkampungan dan banyak banget yg buka usaha tambel ban asik… tp ternyata kegembiraan itu cuma sesaat, soalnya 2 tempat tambalban yang ada selalu menolak karna mereka tidak pernah bukan ban motor ukuran 130.

setelah kelar dengan tambal menambal dan memakan waktu yang lumayan, saya ngak punya banyak waktu lagi untuk megejar sisa sisa sinar matahari, maka saya putuskan tancap gas agar sampai kota bima sebelum magrib…
alhamdullilah perjalanan ke bima hanya memakan waktu kurang dari 1 jam dari daerah dompu… rasa puas dan bahagia bisa sampai di kota bima

IMG-20120409-00603

BIMA!!! cari penginapan dan istrahat,, sangat disayangkan photo2 yang saya ambil lewat kamera digital sampai sekarangpun tidak dapat dilihat karna ada eror dengan memorya,
dalam lamunan sempet terpikir untuk lanjut lagi besok subuh ke sape trus ke kalimutu *gara2 liat photo om haryo
tapi hidup harus realistis: soalnya jatah cuti dari kantor hanya dapet 6 hari, ditambah ini adalah dah senin! dimana ini awal cuti saya, karna saya mengajukan cuti dari tanggal 9maret sampai 14maret. pas 6 hari!!! wow… pikir2 lagi ke NTT adalah ide paling liar, butuh waktu 4 hari tuk kembali lagi kebima!! keburu abis cuti, mending recovery aja lah
nah bangun pagi dibima hal yang pertama masukin motor ke bengkel resmi sambil di chek segala sesuatunya… karna menurut mekanik sana motorsaya perlu banyak waktu untuk chek dan perbaikan maka saya serahkan kepada mereka yang ahli dibidangya saja… sambil bertanya: “kira2 apa yang rusak yah?” mekanik cuma jawab: sehernya mas
ya sudah lah mau diapain lagi, kubur dalem2 soal NTT!!!
lebih baik sekarang sewa motor trus jalan2 keliling kota bima, motor diambil sore setelah diservice dan ganti oli, akhirnya nya saya putuskan tanggal 11 untuk pulang, alias besok pagi…
pagi dateng bukannya buru2 berangkat tp malah santai, soalnya masih ngenes ma keadaan motor yg sehernya rusak.. jadinya kebanyakan ngelamun akhirnya dah jam 10. yah jam 10 WITA saya start dari bima menuju bogor!!! dengan perasaan bahagia semua akan terasa mudah… dan lagi lagi pemandangan alam sumbawa yang liar sungguh sangat menakjubkan

IMG-20120411-00615 IMG-20120411-00613 IMG-20120411-00616

dan hanya butuh 5 jam untuk menempuh bima – poto tano(nama daerah dan pelabuhan di sumbawa barat)

IMG-20120411-00617

ampainya dilombok saya punya janji bahwa akan mengunjungi kawan di komunitas LSC (lombok scorpio club) lumayan ngobrol sambil makan

IMG-20120411-00619

ngobrolnya pun ngak pake lama2 soalnya dah dikejar tayang akhirnya saya pamitan dengan bro ary untuk lanjut ke bogor, sebetulnya beliauw menawarkan untuk singgah dan keliling lombok tapi waktu yang ketat membuat saya harus pamit, karna full box saya masih ada di sodara di lembar, pikir2 belum lagi pamitan ma sodara malah makin lama lagi… bener aja butuh waktu berjam jam untuk meyakinkan sodara saya dilombok bahwa saya akan lanjut perjalanan pada malam itu juga dan setelah dapet izin perjalanan ke bogor saya lanjut lagi dari pelabuhan lembar menuju padang bai jam 01:00 tengah malam,,, lumayan nyebrang malem bisa tidur dikapal fery..
dan bali di pagi hari,, ngak begitu banyak hal yang saya lakukan di bali selain tambal vakum karbu,,, karna ternyata vakum karbu motor saya mengalami kebocoran, sehingga tenaganya terasa gembos sekali..
tanpa banyak yang bisa diceritakan soal bali, mari kita tinggalkan pulau penuh pesona dan bule ini

IMG-20120412-00621

JAWA!! yah walaupun ini jawa timur *bukan jawa barat tetap saja hati ini sumringgah, sambil mata merem melek saya puttuskan rehat sejenak di PLTU ato PLTA Paiton yah?? ahhhh ngak apal, yang jelas kepikirannya makan trus tidur.. lumayan lah tidur 3 jam lanjut lagi perjalannan, masuk probolinggo kembali masuk pit stop karna mau ganti oli… dan disini lah petualangan liar kembali terjadi…
saya : mas tadi itu ada plang arah ke bromo
mekanik : oooh iya
saya : memangnya dekat mas kesana
mekanik : paling cuma 1 jam
saya : masa????
mekanik : yah masa saya bohong sih mas..
saya : ya udah cepetan ganti olinya saya mau ke BROMO!!!
wuihhhhhh setan alam liar merasuk ke pikiran dan jiwa raga, bromo??? ngak terpikirkan untuk sampai ketempat ini, bromo?? ah cuma tau lewat berita, bromo?? ah kebanyakan mikir!! orang ganti olinya aja dah selesai dari tadi..
ok saya ikutin si mimpi liar aja,, bahkan lupa dengan segala problem!! mesin yang rusak, istrahat yang kurang, uang yang tipis…ah……
bener aja perjalanan ngak butuh waktu lama untuk sampai di bromo

IMG-20120412-00622

asik asik akhirnya sampe juga di bromo dan hal yang saya ingin lakukan adalah cari penginapan dan istrahat.. ternyata selepas pintu tiket malah pemandangan menakjubkan yang saya lihat, sayang foto2nya yang sore laib kena virus… damn!!! karna disore itu memandang gunung sambil ngopi n ngudud adalah moment terbaik
karna menjelang malam saya segera sibukan diri dengan mencari penginapan disini saya ditawari penginapan dengan harga Rp150.000

pemborosan  karna kamar yang didapat ada 3, dan setiap kamar memiliki masing masing tempat tidur, namun daripada maksain nyari kesana kemari mending ambil ajadah penginapannya.. lagian nilaiplusnya motor bisa masuk kedalam. selesai negoisasi si pemilikpenginapan menawarkan jasa mengantar mengejar sun ricenya bromo. hmmmm mantap nih bisa liat sunrice tp mending saya istrahat ajalah karna jalan pulang masih panjang

agi yang dingin… *yaialahnamanya juga digunung bukan dipantai… buru buru cari sarapan dan ternyata sarapan disini masih dikategorikan murah meriah lepas sarapan balik lagi ke penginapan dan packing barang2 serta mandi *sumpah dingin  langsung tarik gas lagi nah kayaknya ke kawah bromo pasti asih nih… ok ok putar haluan

CIMG0704_zpse898cf2b CIMG0724_zpsee50208cCIMG0705_zpsb65558a0 CIMG0733_zpsf413f29e

buset jalanya ke bromo tidak seindah pemandangannya perlustamina yang prima, karna jarang olah raga jadinya kudu minta bantuan kuda buat naek dan turun.. jasa naek dan turun pake kuda ditebus dengan Rp.50.000.

CIMG0716_zps15b6e7a6 CIMG0710_zps461bccc7

lanjut perjalannan aja lah mumpung masih pagi.. berhubung ini pertamakalinya ke bromo akhirnya yang saya lakukan adalah banyak bertanya kepada warga sekitar bagaimana bisa kearah yogya, ya yogya adalah point rest saya malam ini.. mmm banyak bertanya malah banyak pilihan
akhirnya saya melihat dari kejauhan ada rombongan yang sedang bergerak mengunakan roda dua *hmmm kayaknya lagi pada turing ok tanpa pikir panjang langsung lah saya kejar rombongan tersebut, mungkin sekitar 5 menit saya bisa gabung rombongan mereka..

CIMG0733_zpsf413f29e IMG-20120413-00631 IMG-20120413-00638 IMG-20120413-00640 IMG-20120413-00641 IMG-20120413-00649 IMG-20120413-00648 IMG-20120413-00652

hahahahahahaternyata mereka adalah gerombolan yang SALAH JALAN!!! alamat goodbye nih kalo ngikutin terus.
akhirnya ada rombogan jip yang sedang buat film sayapun bertanya tanpa rasa malu lagi “kalo mau ke malang lewat mana yah??? ooooh ikutin jalan ini aja nanti juga tembus malang… hmmmm dan ternyata ini yang orang orang bilang dengan bukit teletubis

IMG-20120413-00645IMG-20120413-00653 IMG-20120413-00654

ok ok jangan lama lama fotonya jalur ini saya lupa namanya, tapi beberapa teman teman diforum ini ada yang mengupload fotonya, saya sendiri ngak kepikiran foto foto karna medan yang saya lalui adalah turunan curam dan lembab, kontur jalan pun licin tp yah mau ngak mau lewat sini karna ngak mau balik lagi toh dijalan pun ada penunjuk jalan yang memberitahu tembusan jalan ini adalah malang!!! *mungkin penunjuk jalan itu ingin mengumpat ke saya dan berkata “MALANG BENER LOE LEWAT SINI SEMALEM ABIS UJAN” banyaknya objek wisata air terjun disini tah membuat saya tertarik karna jalan ini dah bikin banyak energi terkuras
*maap kalo ngak ada photo jalannya
nah dipenghujung jan desa ini ada pertigaan yang mana kanan ke kota batu malang sedang yang kiri ke blitar… kayaknya kiri asik nih…. lanjut gas kekiri aja rooling speed pun berkisar diangka 80kpj sambil membayangkan tujuan saya disana.

lalalalaaaa lilililili senagnya rasa hati…. kayaknya perasaan itu yang bikin saya tetep semangat berkendara.. apalagi setelah mengetahui kota yang saya tuju adalah BLITAR… karena saya sebagai bangsa indonesia merasa punya hutang yang besar terhadap Bapak Proklamator kita, Bpk Ir.Soekarno aneh tapi nyata kenapa gw jadi nasionalis gini.. *padahal dulu pelajaran sejarah jarang masuk kelas mungkin karna sekarang saya sadar apa yang telah para pahlawan beri untuk bangsa dan negara ini!! ya KEMERDEKAAN kalo kita ngak merdeka kan kita ngak bisa turing *short thingkink
asik melintir gas ada sesuatu yang saya anggap keren dan itu adalah stadion kanjuruan malang…. mmmm saya merupakan pengemar sepakbola jadi yang namanya stadion adalah tempat yang keren menurut saya….

IMG-20120413-00655

akhirnya saya lanjut lagi muterin ban depan ma ban belakang…. sampailah ke tempat pemakaman Bung Karno….masuk ke komplek pemakaman tidak dibpungut biaya tiket tetapi sumbangan seiklasnya untuk perawatan makam…
dimakam ini selain pusara bung karno terdapat museum, lagi lagi karna waktu saya ngak sempat masuk museum… *someday i will
RI 1.

IMG-20120413-00659SananWetan-20120413-00661_zps68120a6e

lepas dari makam bung Karno saya manfaatkan waktu untuk isoma, ngak banyak buang waktu saya lanjut perjalanan menuju jogja… lagi lagi ide liar ada aja diperjalanan kenapa ngak ke pulau sempu???ah dah kelewat…. trus yang nyisa apa donk??? aha…. GOA GONK
putarran roda semakin laju diangka 100kpj mmmm yang penting bisa lke pacitan sebelum malam, dan jalur malang pacitan AMMMMMBOOOIII penuh kelok dengan sebelah kiri jurang yang dasarnya sungai serta kanan tebing tinggi.. jalannyapun mulus saat itu… kurangnya cuma marka jalan jadi agak susah kalo ngitung cornering

mungkin cuma butuh 2jam setengah dari Blitar ke pacitan… yah kalo ditanya kilometernya dah lupa deh.

IMG-20120413-00666 IMG-20120413-00665 IMG-20120413-00667

jalan menuju goa gonk ternyata sungguh suram eh curam maksudnya… sehingga cukup di gigi 1 dan 2 saja, tak lama setelah itu….

IMG-20120413-00671 CIMG0798_zps4fa8b6be CIMG0784_zps10eed5de CIMG0778_zpsf3bcde3d CIMG0765_zps8611da81 CIMG0761_zpsaf201a89

huh lumayan cape karna pada saat itu mesin AC telah dimatikan sehingga udara dalam gua sangat tipis apalagi berebutan dengan gaetnya gua gonk sendiri konturnya menurun hingga pada akhirnya kita harus naek kembali ke atas = capek tapi semua cape terbayar dengan keindahan alam buni pertiwi
ketika arah keparkiran pengunjung diarahkan melewati aneka suvenir yang dijajakan oleh warga sekitar… untuk suvenir yang ditawarkan kebanyakn batu alam(akik,mata kucing, kecubung dkk) hmmm teringat seorang sahabat yang gemar akan koleksi batu terhipnotislah untuk belanja belanja oh belanja

karna larut dalam tawar menawar ketika belanja ampe keasikan kayaknya bincang bincang dengan si penjual kurang lebih begini
pedagang :mas darimana?
saya : bogor
pedagang :kapan dari bogor? sekarang mau kemana
saya : 2hari kemaren *cape soalnya kalo harus jelasin mmm mau ke jogja
pedagang :ngak mampir ke pantai klayar???
saya : WOW klayar?? inget ingetyang ada air mancurnya dikarang bukan???
pedagang :betul mas
saya : jauh???
pedagang :deket kok
saya : mmmmm *buru buru packing nih kayaknya

oke lah jangan banyak diem… kudu gerak karna ngak banyak waktu yang kesisa kalo kejar sunset,,,, yipieeeee motor langsung ditancep lagi menuju pantai klayar, jalan menuju pantai sungguh sanggat mulus tapi berkelok kelok dan naik turun dan ngak jauh juga paling 18 kilo kalo ngak salah….

dan akhirnya

IMG-20120413-00672 IMG-20120413-00676 IMG-20120413-00674

hingga seorang bapak menawari saya untuk menginap…. asik nih kayaknya dan ternyata uang sisa Rp25.000,- sajahmmm puter otak karna ngak mungkin juga ada mesin atm disini… maka lepas magrib saya putuskan untuk lanjut pulang… sebelum pulang saya tanya seorang ibu yang ada diwarung “kalo ke jogja dari sini kira kira berapa lama??” si ibu pun menjawab “saya kalo bawa motor 2 jam aja”
hmmm brarti saya paling 1jam aja nih *senyum senyum dalam hati…
oooooohhhh ternyata sibu tadi luar biasa kenceng kayaknya, soalnya rooling speed dari pantai klayar ke jogja yang saya tempuh kurang lebih 80kpj dengan kontur jalan naek turun dan banyak banget nikunya…. jujur dijalan ini ampe mau nangis soalnya serem, sendiri, malam pula *masih kurang mentalnya hingga 2 jam kedepan saya baru ketemu peradaban yang bisa dibilang kota dan mesin ATMpun ruah melimpah disini  Yogyakartaaaa…!!!!

ngudud sambil ngopi didepan kraton dan cari kabar bahwa teman saya sigit aka.bogong lagi dijogja juga karna rencana dia diving di pulauw weh aceh dibatalkan karna pada saat itu aceh sedang dilanda gempa 9 skala. dan berpotensi sunami… yah daripada anyut mending dia kabur ke jogja dan kebetulan ketemu dengan beliauw di penginapan sosro kusuman di belakang mall malioboro… temu kangen deh judulnya alih alih istirahat yang ada ngobrol ngalor ngidul hingga jam menunjukan angka pukul 01:00 malam akhirnya kami masuk kamar masing-masing *kalo sekamar takut digrebek
hotelnya mumer hanya Rp50.000 saja walaupun tanpa sarapan,tv,ac
hmm sabtu pagi dijoja packing motor

pamit dengan sigitsaya melanjutkan lagi perjalanan menuju rumah… yang bikin mantep pete perjalanan terjatuh dan entah dimana ngak usah pake peta ngak akan nyasar ini lah *penuh percaya diri
selepas meniggalkan jogja masuk lah wilayah wates dan di gps(masih andelin peta padahalmah) ada jal;an dipinggir pantai sampai cilacap…. hohohoho kayaknya seru nih dengan suara mesin makin ngak berirama di siksalah si CHARMING dijalur ini karna dijalur yang namanya jalan ayah ini cuma lempeng lempeng aja,… pokonya LURUS. paling mendekati cilacap baru jalannya belak belok…
Tail of dragon kata kang hendra mah

IMG-20120414-00687

nah dari sini ngak banyak foto foto karna perasaan mulai cemas denger derung mesin yang ngak makin karuan.. memasuki kota cilacap mesin makin ngak ngerti dah… tapi tetep lanjut karna anak istri menanti dirumah ahahahaha… masuk kota ciamis kalo ngak salah sempet rest untuk isoma dulu sambil ngademin mesin…tapi tanggung lah mending dilanjut… dan perasaan tegang kembali di nagrek karna jalur yang nanjak agak pesimis juga sih bisa naek,syukur alhamdullilah pas bangetpom bensin yang sebrang sebrangan yang mau masuk rancaekek mesin mati total pas magrib pula, diselah pun ngak mempan… selahan macet… yah terpaksa nunggu motor diem.. berhubung jalanya menurun yah nikmatin aja lah, sampai akhirnya motor berhenti ngak jauh dari pom bensin dorong dikit ahhhhhhhhh lunglai juga dorong motor…. dasar nasib baik di pom bensin ada mobil yang mau kebogor… yah saya meminta untuk ikut menumpang dan dia mau… yipieeee tp kena bayar Rp.250.000,- ngak apalah yang penting sampe bogor…

IMG-20120414-00689 IMG-20120414-00690

masuk tol cepet banget dah nyampenya…. sik asik sebelum pulang kerumah motor ta titip dulu di mang kumis (supaya dibenerin) n langsung minta anter ke rumah.. kurang lebih nyampe rumah jam 23:30 an…
maka jadilah 9 hari mengejar mimpi ini
day 1 06-april-2012: start dari rumah rest jogja
day 2 07-april-2012: jogja- banyuwangi nyebrang ke bali non stop
day 3 08-april-2012: habisin pelabuhan ke pelabuah sampai dilombok siang n rest
day 4 09-april-2012: lombok – sumbawa – bima
day 5 10-april-2012: bima
day 6 11-april-2012: bima – sumbawa – lombok
day 7 12-april-2012: bali – banyuwangi – probolinggo – bromo
day 8 13-april-2012: bromo – malang – blitar – pacitan – jogja
day 9 14-april-2012: jogja – cilacap – bandung – rumah

2 thoughts on “9 Hari mengejar mimpi ( Road to Bima )