Explorasi 9 Pantai untuk mengenal Lebih Intim Pesona Pesisir Selatan Jawa Timur ( Ride For Indonesia )

Explorasi 9 Pantai untuk mengenal Lebih Intim Pesona Pesisir Selatan Jawa Timur

Perjalanan selama 3 Hari 2 Malam untuk mengenal lebih intim Alam Indonesia dengan mengunjungi 9 Pantai eksotik Pesisir selatan Jawa Timur memang sangat mengesankan, cumbuan dengan berbagai   warna hamparan pasir menjadikan surga nyata bagi yang ingin mengunjunginya,. Explorasi alam Indonesia di Bumi Majapahit ini kami mulai dari kabupaten Tulungagung  yang terletak di selatan karesidenan Kediri tempat kami tinggal. Kabupaten Tulungagung  tentunya menghadap langsung dengan pantai selatan memiliki potensi alam Bahari yang sangat mempesona
Dari sekian banyak pantai yg tersebar luas  “Menembus Batas Indonesia Sobat MAJAPAHIT” melakukan petualangan menuju 9 dari 15 pantai yang ada di kabupaten ini, dikarenakan masalah keterbatasan waktu dan jarak pantai satu dengan yang lain cukup dekat menjadikan rekomendasi kami untuk mengekplorasi 9 pantai eksotik Tulungagung untuk dikunjungi,
Perjalanan kami  terbagi menjadi 4 spot, Yaitu :

spot 1 : pantai pasir putih dan pantai karanggongso ( 2 )

Spot 2 : pantai popoh, pantai brumbun ( 2 )

Spot 3 : pantai sanggar, pantai ngalur dan Tanjung Badak ( 2 )

Spot 4 : pantai sine,pantai pacar, pantai gerangan ( 3 )

kamipun berangkat dengan jumlah personil 3 orang yaitu “Adit , Dinar dan Dodik (prospek MBI Majapahit )  pada hari selasa tgl 10 september 2013 pagi jam 7 dengan berbagai perlengkapan camping dan ransum dalam perjalanan ini, memang kami mempersiapkan diri dan segala sesuatunya untuk bermalam dalam perjalanan ini untuk lebih mendekatkan diri dengan alam.

Perjalanan ini kami awali dengan  menempuh perjalanan kurang lebih 100 km selama 3 jam dari kota Kediri menuju spot 1 yaitu pantai pasir putih dan pantai karanggongso, rute yang kita lalui kediri-tulungagung-durenan-watulimo-prigi dan sampai di pantai pasir putih. Yang pantai nya berdampingan dengan pantai karanggongso hanya terpisah oleh tebing karang. Sesampainya disana kita disuguhkan pantai dengan hamparan pasir putih.Kami istirahat sejenak dipantai dan lanjut ke pantai karanggongso.. kedua pantai ini sudah sangat terkenal dikarenakan sudah di kelola oleh pemda setempat, masuk pantai sudah ada tiket nya 7rb per orang srta motor nya untuk 2pantai.. jalan nya pun sudah bagus tanpa ada aspal berlubang..

Image

Pantai Pasir Putih

Image

Pantai Karanggongso

Image

Pantai Karanggongso

Setelah itu tepat jam 12 siang kita lanjut menuju spot ke 2 yaitu pantai popoh yang jaraknya skitar 30km, Perjalanan ini  melawati rute  kec.watulimo-campur darat-popoh, dan kamipun tiba di pantai Popoh yang terkenal dengan Desa Nelayan ini pukul 2 sore, Pemandangan indahpun disuguh kan seiring dengan terlihatnya hamparan perahu perahu nelayan yang singgah dari mencari ikan karena memang pantai ini sudah menjadi komoditi penghasil ikan terbesar di daerah tulungagung dan sudah dibuka sebagai tempat wisata oleh pemda setempat untuk masuk dikenakan tiket yang sama yaitu 7rb/orng +motor..

Image

Image

Pesona cantiknya perahu nelayan di pantai popoh

Image

Pantai Popoh

Sejenak melepas lelah dipantai popoh untuk makan siang  sambil menikmati pemandangan, kamipun melanjutkan perjalanan kembali  menuju pantai brumbun, Perjalanan ini melewati jalan desa dan hutan lindung yg sebagian besar rusak jalan nya kita sampai di pantai brumbun jam 3 dgn jarak 7km dari pantai popoh.. pantai ini sungguh masih alami dan belum dikelola oleh pemda. Dngan hamparan pasir putih yang sangat bersih.. sungguh panorama yg indah. Kita menutuskan untuk bermalam di pantai brumbun dan melanjutkan esok hari menuju spot 3.

Image

Image

Image

Image

Moment yang tak terlupakan

DAY 2

pagi jam 7 Pagi, SInar mentari mulai menyising dan belaian sinarnyapun mulai menjilati tenda . Sarapan ala kadarnyapun kami gelar untuk mempersiapkan fisik kami untuk perjalanan selanjutnya, percakapan diantara ketiga sahabatpun dimulai mengawali pagi yang indah

Adit : ” Nar, lanjutane nang endi ki ” Celoteh adit sambil memasukan roti isi keju kemulutnya

Dinnar : ” Lanjut nang Sanggar karo ngalur dit ” sambil diikuti anggukan si Dodik yang baru pertama kali mengikuti perjalanan eksplorasi

Semenjak diawal perjalanan Dodikpun sangat terpesona dengan suguhan pesona Alam yang disediakan bumi Majapahit

Setelah Sarapan dan merapihkan segala perlengkapan, kamipun melanjutkan perjalanan menuju spot ke 3 yaitu pantai sanggar dan pantai ngalur melewati tanggung gunung-jengklungharjo-ngelo,sejauh 20km dari pantai brumbun, untuk medan kali ini sangat terasa melelahkan karena melewati bukit menyusuri hutan belantara sejauh 2km dr perkampungan terakhir (dsn.ngelo) Dengan lebar jalan hanya 50cm melipir jurang dan tebing, kamipun harus melewatinya full konsentrasi dan butuh skill yg mumpuni.

Image

Image

Setelah melintasi hutan dan menuruni bukit kamipun akhirnya  sampai di pantai sanggar hamparan pasir dan jernih nya air laut menyambut kami, ” Wueeedaaannn Wuaappiikkne reekk” Celoteh Dodik spontan” diiringi dengan senyuman kedua sahabat lainnya dan yang paling istimewa air laut disini suhu nya sangat dingin meski disiang bolong. “Suegeerrr”

Image

Image

Image

Sangat sepi dan alami Tak ada yang berkunjung selain kami ber 3, hanya sesekali bertemu dengan penduduk sekitar yg mencari ikan dan kayu..

Image

Image

Semangat tanpa akhir

Image

Kamipun bermalam lagi di pantai ini berat rasanya untuk ingin kembali pulang dikarenakan buaian sang alam .disinipun kami dirikan tenda kembali. Seiring waktu yang beranjak sore kamipun mengeksplore alam ini lebih jauh dengan berjalan kaki menuju pantai ngalur (karena hanya dapat diakses dengan berjalan kaki saat air laut surut) pemandangan juga luar biasa indahnya dihiasi dengan hamparan pasir putih yg luas sepanjang mata memandang,

P1060896 P1060986 P1070012 P1070014

setelah itu kamipun menuju Tanjung badak yang terlihat sangat gagah menghadap cakrawala dan Samudra ( Tanjung Badak adalah batu karang  yang mirip dengan kepala dan cula badak dan dapat di akses denganmendaki tebing setinggi 7m untuk mencapai puncak culanya).

Image

Image

Image

Image

Image

mendaki tanjung badak…tetap semangat untuk Indonesia

DAY 3

Malam kedua pun telah terlewati dengan selalu tersenyum dan rasa bangga menjadi putra Indonesia, Indonesia negeri yang kaya akan pesona alamnya. celoteh  demi celoteh tentang Indahnya Indonesiapun  tertuang disini, terlebih lagi kepuasan akan rasa persahabatan yang terjalin dalam  perjalanan ini sangat melekat di hati para penjelajah yang singgah disini.

Mentaripun mulai menampakan diri dan terbangun dari peraduannya, sekitar jam 6 pagi hari ketiga, Aditpun mulai membangunkan sahabat lainnya….” Lur wes Isuk ki, bangun – bangun, gawe sarapan disik” celoteh Adit menyerukan suasana berpadu dengan suara debur ombak laut selatan

dengan sigap Dodik dan Dinarpun mulai mengambil peralatan masak dan 3 gelas kopi panas dipadu dengan untaian mie siap sajipun terhidang dengan baik saat itu. setelah melahap dan menyeruput sarapan pagi berteman dengan sebungkus rokok khas Kediripun kami mulai merapihkan perlengkapan kami dan memackingnya di kuda besi kesayangan kami.

Dodik : ” Dit, pantai endi maneh ki…?” dodikpun penasaran dengan rute lanjutan perjalanan ini

Adit : ” santai wae dik…mengko yo awakmu wueruuh” sambil senyam senyum melihat Dodik yang masih penasaran

Setelah beres, kamipun melanjutkan perjalanan menuju  spot 4  yaitu pantai sine pacar dan gerangan. perjalanan dengan jarak tempuh  5km dari tempat bermalam kami, kamipun sampai di pantai sine naik bukit menyusuri  bakau menyeberangi sungai. Pantai ini tak kalah menarik dari pantai lainnya selain hamparan pasir putih yang landai jg terdapat air tawar yang dihasilkan oleh stalaktit dari tebing karang dipinggir pantai,kami menaman air curah ini dengan Air curah Majapahit

DSC_0064

Camera 360

DSC_0083

P1070100

Camera 360

P1070103

Setelah menikmati pemandangan Pantai Sine, perjalananpun kami lanjutkan menuju pantai pacar dan gerangan dengan menyusuri perkampungan warga dan  hutan khas pesisir selatanwalaupun sesekali  melipir sungai. dan  jam 2 sore kamipun tiba di pantai gerangan yang berjarak 10km dr pantai sine.

Camera 360 IMG10762 IMG10765 IMG10769 IMG10802 P1060988

Kedua pantai ini berpasir putih dan hanya terpisah bukit keduanya.. santai santai dulu dipantai pacar smpai menunggu jam 5 sore terus pulang ke kediri..
semoga cerita perjalanan kami dari Sobat Majapahit dapat  menginspirasi akan indahnya Sekelumit surga yang turun ke Bumi Indonesia yang sangat mempesona dengan besar harapan, kami dapat melanjutkan ekspedisi untuk 6 pantai dari  15 pantai yang memiliki daya tarik luar biasa akan keindahannya
Perjalanan ini kami dedikasikan untuk bumi pertiwi INDONESIA ..

salam Tanpa Batas

Sobat Menembus Batas Indonesia Bumi Majapahit

Advertisements

7 thoughts on “Explorasi 9 Pantai untuk mengenal Lebih Intim Pesona Pesisir Selatan Jawa Timur ( Ride For Indonesia )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s